Rabu, 26 September 2012

Gadis Kotak-Kotak Beraksi, Rakyat Lempar Kritik


Kemunculan video dengan judul “Gadis Kotak-Kotak” sejak tanggal 7 September 2012 di youtube, kini banyak menyita perhatian masyarakat Indonesia. Jika kita perhatikan dengan saksama, bagian pojok kanan bawah dari video, tercatat angka  62.915. Ini berarti, video tersebut sudah ditonton sebanyak 62.915 kali. Dari jumlah yang besar itu, sekitar 3.473  orang memilih dislike(tidak suka), 87 orang memilih like(suka), dan sisanya tidak memilih. Antusiasme masyarakat juga menjalar ke dalam bentuk komentar-komentar panas yang mengikuti video tersebut.

Alasan video ini memancing banyak perhatian masyarakat adalah cerita kontroversial yang disisipkan di dalamnya. Seorang gadis bernama Sri, mengajak enam temannya sesama pelajar SMA di Jakarta untuk mengikuti kampanye pasangan Joko Widodo dan Basuki T. Purnama. Sri lalu meng-update akun Facebook-nya “Woii..bolos yuuukk!!! Ikut kampanye ada bayaranya nih.” Mereka berenam lalu meneriakkan nama ‘Jokowi- Ahok’ di jalan umum hingga berhenti di area kosong dekat flyover. Sampai di rumah, Ibu Sri terkejut mendapati putrinya pulang dengan baju kotak-kotak yang ditaruh di tasnya. Lalu dalam video tersebut diceritakan bahwa Sri menyadari kesalahannya dan meminta maaf sambil membuang baju kotak-kotak yang ia bawa ke ember dekat dengan papan bertuliskan ‘tempat sampah’. Video berdurasi 3 menit 15 detik ini lalu ditutup dengan teks berbunyi ‘penyesalan selalu datang belakangan’. 

Persaingan memperebutkan kursi Gubernur DKI Jakarta semakin memanas ketika memasuki putaran kedua, tetapi pasangan Jokowi-Ahok memilih ‘bersikap dingin’ menanggapi efek gempar yang ditimbulkan video tersebut. Kubu pendukung Jokowi-Ahok mengaku tidak mau ambil pusing. Mereka juga merasa tidak dirugikan dengan keberadaan video tersebut. “Biarkan saja,” kata Koordinator Bidang Komunikasi Tim Kampanye Jokowi-Basuki, Budi Purnomo, Kamis, 13 September 2012. Menurutnya, Jokowi-Ahok tidak perlu kocar-kacir merespon pencitraan buruk yang melanda kubunya tersebut.

Ada yang menduga video ‘Gadis Kotak-Kotak’ muncul untuk menyaingi video parodi Jokowi – Basuki yang berjudul ‘What makes you beautiful’ milik boyband One Direction. Video yang diunggah di youtube pada tanggal 22 Agustus 2012 ini menyampaikan pesan bahwa masyarakat seolah-olah membutuhkan sosok Jokowi. Masyarakat Jakarta membeberkan tentang kebanjiran, kemacetan, sulitnya mengurus KTP. Kalimat “Ku butuh Jokowi dan Basuki” diluncurkan sebagai penutup video berdurasi 3 menit 22 detik ini. Namun, si pembuat video sudah mencantumkan catatan bahwa video tersebut bukan bagian dari kampanye Jokowi-Ahok. “Ini bukan kampanye, hanya curahan hati sekelompok simpatisan yang mewakili manusia yang rindu perubahan di jakarta... enjoy!” Demikian bunyi catatan video yang sudah dilihat 978.313 orang itu.

Jokowi-Ahok boleh saja membuang muka, namun video Gadis Kotak-Kotak ini telah menyulut banyak komentar panas dari para pendukungnya. Komentar sensitif simpatisan Jokowi-Ahok terhadap pasangan Foke-Nara di bawah video tersebut menduduki suara mayoritas. Beberapa komentar sensitif tersebut berbunyi seperti ini. “Gag bermutu banget nich video, not reccomended dah…. pemerannya dibayar berapa tuh?,” tulis akun bernama shinnichi kudo. Selain itu, di dalam komentarnya ada yang menekankan ketidakrelaan Foke menerima kekalahan. “Dibayar berapa bikin video ini? Pasti gede dong ya. Atau jangan-jangan gratis. Lihat tuh vote dislike? Jelas Jokowi unggul… Ya trima aja lah dan berjiwa besar. Dan sst….sekali lagi jangan mau dijanjiin macam macam oleh Foke. Pemimpin itu harus berjiwa besar, bisa menerima kekalahan. Saya tidak tinggal di Jakarta, tapi saya mau Jakarta berubah. CHANGE!,” tulis akun bernama berman6788.

Kecepatan distribusi informasi yang dimiliki sosial media seperti youtube, mengiring kita selangkah lebih maju untuk  sadar terhadap kejadian-kejadian hangat yang terjadi di sekitar kita. Kita menjadi lebih peka terhadap berita sengitnya pertarungan Foke dan Jokowi dalam pemilihan Gubernur DKI putaran kedua. Apalagi setelah kemunculan video kontroversial ‘Gadis Kotak-Kotak’ yang seolah-olah mendiskreditkan pasangan Jokowi-Ahok beberapa waktu lalu telah mengundang reaksi tajam dari penontonnya. Reaksi-reaksi tajam inilah yang dibutuhkan bangsa Indonesia untuk membenahi kecarut-marutan dunia politik yang dihadapinya. #BRIDGING COURSE 06



Daftar Pustaka

Andi Perdana, M. Diserang Video Gadis Kotak-kotak, Kubu Jokowi Cuek. Diunduh dari http://www.tempo.co/read/news/2012/09/14/228429450/Diserang-Video-Gadis-Kotak-Kotak-Kubu-Jokowi-Cuek pada tanggal 25 September 2012.
Anggriawan, Fiddy. Video Jokowi-Ahok Berpotensi Langgar Aturan? . Diunduh dari http://jakarta.okezone.com/read/2012/09/03/505/684509/video-jokowi-ahok-berpotensi-langgar-aturan. pada tanggal 25 September 2012.
Tim Redaksi ciri-cara.com. Video Gadis Kotak-Kotak Tak Disukai di Youtube. Diunduh dari http://ciricara.com/2012/09/13/video-gadis-kotak-kotak-tak-disukai-di-youtube/ pada tanggal 25 September 2012.
Tim Redaksi ciri-cara.com. Heboh, Gadis Kotak-Kotak Sudutkan Jokowi-Ahok. Diunduh dari http://ciricara.com/2012/09/12/heboh-gadis-kotak-kotak-sudutkan-jokowi-ahok/ pada tanggal 25 September 2012.

Tidak ada komentar:

Blog Archive

Kontributor