Kamis, 13 September 2012

Periklanan, Motivasiku Masuk Ilkom


Banyak mahasiswa ilmu komunikasi yang beranggapan bahwa memilih berkecimpung dalam dunia periklanan butuh usaha ekstra untuk mencapai kesuksesan. Namun,menurut Yudhistira Surya Pradhana, salah seorang mahasiswa S1 Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Gadjah Mada tahun 2011,periklanan adalah hal yang menarik. Bahkan, ketika ditanya motivasinya masuk ilmu komunikasi, Yudhis, begitu sapaan akrabnya, menjawab dengan kalimat yang singkat, padat, dan jelas, "Ya,aku suka iklan." Ketertarikannya pada dunia periklanan semakin mengerucutkan niatnya untuk memilih BSO(Badan Semi Otonom) deadline dan komunikasi strategis sebagai konsentrasinya."Dosen yang paling menarik, ya Mas Nunung. Soalnya Mas Nunung itu nyentrik dan perfeksionis." Ketika ditanya kesannya tentang PPSMB Fisipol UGM yang telah dilaksanakan dua minggu lalu, Yudhis menjawab, "Kesannya biasa aja." Pengagum band The Sigit ini berkeinginan mengikuti salah satu lomba periklanan, namun seketika dia membatalkannya. Dia enggan menyampaikan alasannya. Yudhis memang menyukai dunia musik. Terbukti dia handal memainkan alat-alat musik seperti gitar, dan bass. Di suatu kesempatan, Yudhis memberi secuil tips mengikuti kuliah di ilmu komunikasi UGM. "Rajin masuk kelas dan kenali karakter masing-masing dosen",pungkasnya

Pengakuan Yudhis menghapuskan fakta tentang dunia periklanan yang keras. Pilihan adalah sesuatu yang dilematis. Namun, apa salahnya kita menoleh ke diri sendiri. Pahami kelebihan, minat, dan bakat yang kita miliki. Dengan berpijak pada pemahaman tersebut, kita tidak akan dibuat bingung oleh beraneka pilihan yang disuguhkan di depan mata kita. I do what i love, I love what I do. Kira-kira ungkapan inilah yang tepat mendeskripsikan pribadi Yudhis. Mencintai apa yang kita pilih akan memudahkan kita untuk menjalaninya.Motivasi akan tumbuh sendirinya jika kita sudah mencintai hal tersebut.

Tidak ada komentar:

Blog Archive

Kontributor